Media Resmi
Youtube Youtube
Statistik

Total Hits : 1330705
Pengunjung : 249459
Hari ini : 30
Hits hari ini : 38
Member Online : 14
IP : 172.70.135.93
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

lung_comp    
Agenda
27 September 2022
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8

TAHAPAN DAN PROSES DALAM PENYELENGGARAAN PPDB

SMAN 1 BALEENDAH

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

A.   Jalur Pendaftaran

1. Afirmasi

1.1.  Afirmasi KETM

1.2.  ABK (Disabilitas, CIBI)

1.3.  Kondisi Tertentu

2. Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali/Anak Guru

3. Prestasi

3.1.  Nilai Rapor

3.2.  Kejuaraan Akademik/Non Akademik

4. Zonasi

 

B.   Daya Tampung (Kuota) Tiap Jalur

1. Afirmasi (20%): 84, meliputi:

2.1.  Afirmasi KETM (12%): 50

2.2.  ABK (Disabilitas, CIBI) (3%): 13

2.3.  Kondisi Tertentu (5%): 21

2. Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali/Anak Guru (5%): 21

3. Prestasi (25%): 105, meliputi:

3.1.  Nilai Rapor (10%): 42

3.2.  Kejuaraan Akademik/Non Akademik (15%): 63

4. Zonasi (50%): 210

 

Keterangan:

• Jumlah rombongan belajar kelas X sebanyak 12 rombel.

• Total daya tampung PPDB sebanyak 420 siswa.

 

 

C.   Mekanisme Pendaftaran

 

1. Jadwal Pendaftaran

a. Pembukaan Pendaftaran TAHAP 1

Tanggal 6 s.d. 10 Juni 2022

Khusus Untuk Jalur Pendaftaran:

·     Afirmasi (KETM, ABK, dan Kondisi Tertentu)

·     Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali/Anak Guru

·     Prestasi (Nilai Rapor dan Kejuaraan Akademik/Non Akademik)

 

b. Pembukaan Pendaftaran TAHAP 2

Tanggal 23 s.d. 30 Juni 2022

Khusus Untuk Jalur Pendaftaran: Zonasi

 

2. Cara Pendaftaran

a. Pendaftaran dilakukan dengan cara daring (dalam jaringan) atau online langsung oleh calon peserta didik (mandiri) atau operator sekolah melalui website pendaftaran peserta didik baru:

https://pendaftar.ppdb.disdik.jabarprov.go.id

b. Pendaftaran dilakukan dengan cara luring (luar jaringan) atau offline, jika tidak ada/terkendala jaringan internet di sekolah tujuan pilihan ke-1, SMAN 1 Baleendah dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

c.  Waktu Pendaftaran

·     Daring: dari jam 08.00 s.d. 20.00 WIB

·     Luring: dari jam 08.00 s.d. 14.00 WIB

 

D.  Persyaratan Pendaftaran

1.   Dokumen Persyaratan Umum

a.   Ijazah/Surat Keterangan Kelulusan/Kartu Peserta Ujian Sekolah

b.   Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir

c.    Kartu Keluarga (minimal satu tahun)

d.   Kartu Tanda Penduduk (KTP)

e.   Buku Rapor Semester 1 s.d 5

f.     Surat Tanggung Jawab Mutlak Orang Tua

 

2.   Dokumen Persyaratan Khusus

a.   Kartu Program Penanganan Kemiskinan/Terdaftar pada DTKS Dinsos (bagi jalur afirmasi/KETM).

b.   Surat Keterangan Domisili dari RT/RW/Kelurahan (bagi korban bencana alam/sosial).

c.    Surat Tugas Orang Tua/Wali (bagi jalur perpindahan tugas orang tua/wali, maksimal 3 tahun/anak guru dan bagi afirmasi kondisi tertentu penanganan Covid-19).

d.   Piagam dan Dokumentasi Prestasi (untuk jalur prestasi Kejuaraan), maksimal 5 tahun, minimal 6 bulan.

 

3.   Ketentuan Identitas Kependudukan

a.   Kartu Keluarga (KK) yang belum satu tahun/penerbitan KK baru karena perubahan anggota keluarga (meninggal dunia, kelahiran, kepindahan anggota keluarga), dapat melampirkan surat keterangan dari RT/RW/kelurahan yang menerangkan lamanya berdomisili (Surat Edaran Kemendagri Dirjen Dukcapil Nomor: 471.14/5391/DUKCAPIL 21 April 2021);

b.   Permendagri 109/2019, jika menumpang alamat (calon peserta didik tidak berdomisili dengan orang tua), wajib dilengkapi surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik rumah.

 

E.   Mekanisme Seleksi

1.    Afirmasi KETM, ABK (Disabilitas/CIBI) dan Kondisi Tertentu

·     Pemeringkatan melalui jarak domisili ke satuan Pendidikan.

·     Jika pada batas kuota ada jarak yang sama, diperingkat berdasarkan usia.

2.    Jalur Perpindahan orang tua/Anak Guru

•   Pemeringkatan melalui jarak domisili ke satuan Pendidikan.

•   Jika pada batas kuota ada jarak yang sama, diperingkat berdasarkan usia.

Keterangan:

•   Perpindahan tugas orang tua pada tempat bertugas, paling lama telah bertugas tiga (3) tahun.

•   Pemeringkatan anak guru, diprioritaskan bagi calon peserta didik yang memilih sekolah sesuai tempat bertugas orang tua.

3.    Jalur Prestasi Nilai Rapor

·     Akumulasi nilai rata-rata rapor semester 1 s.d. 5 semua mata pelajaran.

·     Usia (jika ada nilai yang sama pada batas kuota)  

Keterangan:

·     Berdasarkan nilai aspek pengetahuan struktur kurikulum SMP & MTs.

·     Tiap SMP/MTs, jumlah mata pelajaran (dapat berbeda), akan menjadi pembagi untuk menghitung nilai rata-rata tiap semester), diinput di aplikasi maksimal 11 mata pelajaran.

4.    Jalur Prestasi Perlombaan/Kejuaraan    

·     Penskoran piagam (30%) + Uji Kompetensi (70%).

·     Usia (jika ada skor yang sama pada batas kuota).

5.    Zonasi       

·     Pemeringkatan berdasarkan jarak domisili ke sekolah hingga batas kuota.

·     Jika pada batas kuota ada jarak yang sama, pemeringkatan kedua berdasarkan usia yang lebih tua.

 

F.   Mekanisme Pengumuman dan Daftar Ulang

1.    Pengumuman Hasil Seleksi PPDB disampaikan melalui website:

http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id

2.    Informasi daftar ulang PPDB tahap 1 dan 2 ada di website resmi SMA NEGERI 1 BALEENDAH, silahkan klik disini

3.    Calon peserta didik yang diterima melalui jalur prestasi perlombaan wajib menandatangani surat pernyataan bersedia mengikuti program pengembangan prestasi sesuai dengan bidangnya.

 

G.  Informasi dan Komunikasi PPDB

Untuk informasi dan komunikasi PPDB SMAN 1 Baleendah dapat menghubungi: 085962655195

 

Berbagai kanal untuk informasi dan komunikasi PPDB lainnya:

·     Website Sekolah

https://www.sman1baleendah.sch.id

·     Instagram

http://instagram.com/sman1baleendah